Aqabah, Titik Bertemunya 2 Laut yang Disebutkan dalam Alquran

Keistimewaan Teluk Aqabah yang begitu luar biasa adalah namanya yang termaktub dalam Alquran Surat Al Kahfi.

Teluk Aqabah merupakan cabang Laut Merah yang terletak di sebelah Timur Semenanjung Sinai. Meski letaknya berdekatan dengan negara Arab Saudi, Aqabah berada di bawah otoritas Yordania.

Teluk Aqabah menawarkan pemandangan yang sangat indah. Di satu sisi terbentang lautan biru yang sedap dipandang, sementara di sisi lain terhampar bukit dan padang pasir luas.

Tak cuma panorama cantik itu, Teluk Aqabah juga dikenal memiliki biota laut yang langka. Sehingga banyak menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Menariknya lagi, Aqabah juga kerap digunakan sebagai arena latihan menyelam bagi para atlet pemula.

Namun di luar itu semua, keistimewaan Teluk Aqabah yang begitu luar biasa adalah namanya yang termaktub dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 60. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai Aqabah sebagai tempat yang menyimpan sisa sejarah bertemunya Nabi Musa dan Khidir AS.

” Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: ‘Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun’.”

” Pertemuan dua buah lautan” yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Teluk Aqabah dan Teluk Suez yang keduanya bertemu di Laut Merah.

Kemudian pada surat yang sama ayat 65 Allah berfirman:

” Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.”

Masya Allah… demikian istimewanya teluk yang kini dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya itu.

Kalau kamu juga tertarik mengunjungi Teluk Aqabah, lokasi tempat ini bisa dijangkau dari Kota Amman menggunakan bas dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*