Semua orang tentunya pernah mengalami mimpi saat tidur, terkadang ada yang menganggapnya sebagai bentuk firasat yang menunjukkan keadaan yang akan terjadi.

Ketika mimpi tersebut baik pastinya akan menjadi rasa senang kerana akan mendatangkan kebahagiaan. Sebaliknya, mimpi buruk akan memberikan rasa sedih yang membuatkan fikiran jadi terganggu.

Gambar sekadar hiasan.

Justeru siapa yang terjaga disebabkan oleh mimpi buruk, bolehlah amalkan doa yang diberikan ini.

Definisi Mimpi

Definisi mimpi adalah situasi atau keadaan yang kita temui ketika sedang tidur, baik dalam situasi bahagia mahupun sedih. Mimpi memiliki tiga jenis iaitu mimpi sebagai khabar gembira, mimpi ungkapan jiwa, dan mimpi buruk. Dari ketiga jenis mimpi tersebut sebaiknya janganlah diceritakan kepada orang lain. Mimpi itu sumbernyaboleh datang dari diri sendiri yang disebut sebagai bunga tidur. Jadi, mimpi tersebut memang tidak mempunyai makna apa-apapun.

Biasanya mimpi beasal dari fikiran yang terganggu oleh seseorang sampai terbawa ke dalam mimpi. Meskipun mimpi ada yang berasal dari Allah SWT sebagai khabar baik mahupun kabar buruk, sebaiknya janganlah fikirkan maknanya yang kita anggap benar terjadi.

Mimpi Baik

Ketahuilah mimpi baik datangnya dari Allah SWT yang ingin memberikan kabar gembira. Prinsipnya, mimpi baik juga bersumber dari amal baik sehingga dapat mengingatkan kita sebagai umat islam untuk selalu berbuat baik dengan aneka pertanda larangan, perintah, peringatan, dan khabar gembira.

Hal tersebut juga diterangkan dalam sebuah hadis yang menjelaskan “Mimpi seorang mukmin merupakan satu bahagian dari empat puluh enam bahagian kenabian.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dijelaskan dalam pernyataan tersebut bahwa mimpi datangnya dari Allah SWT sehingga ketika ketika bermimpi baik maka bersyukurlah.

Apabila Anda bermimpi baik maka dianjurkan untuk menceritakan kepada orang lain sebagai bentuk rasa syukur. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis yang tedapat di bawah ini.

“Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi baik yang datangnya dari Allah SWT maka bertahmidlah sehingga ucapkan Alhamdulillah kemudian kabarkanlah mimpi baik tersebut kepada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mimpi Buruk

Tidak hanya terdapat mimpi baik, ternyata juga terdapat jenis mimpi buruk yang disebut dengan mimpi batil yang sumbernya dari syaitan. Ternyata ada mimpi yang sengaja dibuat oleh setan agar menampakan hal yang teruk sehingga membuat seseorang menjadi merasa sedih, terkejut, dan sakit. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT, di bawah ini.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Mujaadilah ayat 10:

اِنَّمَا النَّجۡوٰی مِنَ الشَّیۡطٰنِ لِیَحۡزُنَ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ لَیۡسَ بِضَآرِّہِمۡ شَیۡئًا اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰہِ ؕ وَ عَلَی اللّٰہِ فَلۡیَتَوَکَّلِ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ

IKLAN

Terjemahannya:

“Sesungguhnya, pembicaraan rahasia itu adalah setan agar orang yang beriman itu berduka cita. Pembicaraan itu tiadalah memberi mudharat sedikit pun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dengan hendaknya kepada orang yang beriman bertawakkal.” (QS. Al-Mujaadilah ayat 10).

Seperti yang dijelaskan dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa mimpi buruk memang permainan syaitan yang memang sebaiknya janganlah dipercaya kemudian berdoalah ketika bermimpi buruk. Tetapi, apabila anda bermimpi buruk maka janganlah diceritakan kepada orang lain.

Hal yang Diajarkan Ketika Mengalami Mimpi Buruk

Sudahkah Anda mengetahui hal apa yang sebenarnya diajarkan ketika mengalami mimpi buruk? Untuk mengetahuinya maka simaklah ulasan yang terdapat di bawah ini.

Meludah Ke Arah Kiri Sebanyak Tiga Kali

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami buruk yaitu meludah ke arah kanan dan kiri. Lakukanlah selama tiga kali, hal tersebut sebenarnya dilakukan untuk mencela setan kemudian untuk menghina setan. Ketahuilah bahwa mimpi buruk ini sebenarnya datangnya memang dari syaitan sehinggalah sebagai bentuk ketidaksukaan dalam melakukan hal tersebut.

Berlindung Kepada Allah Dengan Membaca Doa

Berikutnya, hal yang harus diajarkan ketika mengalami mimpi buruk yaitu berlindunglah kepada Allah SWT.

Caranya bagaimana? Tentunya umat muslim diminta untuk berdoa dawali dengan membaca ta’awudz sehingga boleh menjauhkannya dari godaan syaitan. Memohonlah kepada Allah SWT agar terhindar dari keburukan syaitan.

Setelah membaca taawudz maka bisa melanjutkan doa ketika mimpi buruk di bawah ini.

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

“Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni”.

Ini beerti dari mimpi buruk tersebut adalah memohon perlindungan kepadalah Allah SWT karena Dialah Tuhanku, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku berlindung kepadanya dari kemarahan-Nya, kejahatan hamba-Nya, dan dari godaan syaitan.

Berzikir

Setelah berdoa maka berdzikirlah kepada Allah SWT, tentunya hal tersebut juga menjadi salah satu cara berlindung kepada-Nya. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT surah Al A’raaf ayat 200:

وَ اِمَّا یَنۡزَغَنَّکَ مِنَ الشَّیۡطٰنِ نَزۡغٌ فَاسۡتَعِذۡ بِاللّٰہِ ؕ اِنَّہٗ سَمِیۡعٌ عَلِیۡمٌ

Terjemahannya:

“Dan, jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan maka berlindunglah kepada Allah.”

Dengan berzikir berarti berserah diri kepada Allah SWT sehingga dapat membuat hati merasa lebih tenang.

Gambar sekadar hiasan.

Mengubah Posisi Tidur Ke Sisi Lain

Berikutnya, hal yang diajarkan ketika mimpi buruk yaitu mengubah posisi tidur ke sisi lain. Apabila anda sedang berbaring ke sisi kiri maka ubahlah posisi tidur Anda menjadi berbaring ke sisi kanan atau lakukan pula yang sebaliknya. Dengan demikian maka akan membantu untuk mengubah mimpi anda menjadi mimpi baik ketika merubah posisi tidurnya.

Jika Mimpi Buruk Jangan Ceritakan Mimpi Kepada Orang Lain

Hal berikutnya yang harus diperhatikan ketika mimpi buruk maka sebaiknya janganlah menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain. Hal tersebut di jelaskan dalam tulisan Imam al-Munawi yang menjelaskan.

“Hendaklah ber-isti’adzah dengan sepenuh keinginan,, keheningan batin, kehadiran hati dan kebenaran tawajjuh sehingga tidak cukup hanya menggerakkan lisan saja.”

Dari pernyataan tersebut maka dinyatakan bahwa orang yang bermimpi buruk kemudian melakukan hal di atas mulai dari keheningan atin, kebenaran tawajjuh, dan kehadiran hati maka mimpi buruk yang dialami tersebut tidak akan berubah menjadi hal buruk yang membahayakan.

Apabila Anda masih sering mimpi buruk di malam hari maka disarankan untuk berwudhu atau melakukan solat sunnah.

Makna Doa Mimpi Buruk

Jadi, sebenarnya makna dari doa mimpi buruk tersebut tujuannya agar kita sebagai umat muslim selalu mengingati Allah SWT dalam kondisi apapun. Sebaiknya juga percayalah tentang hal baik yang selalu diberikan-Nya. Biasanya mimpi buruk datangnya dari syaitan, dari firasat, dan rasa gelisah manusia itu sendiri.

Ketika mimpi buruk maka janganlah langsung berprasangka buruk, tetapi mengingati Allah SWT dengan cara doa ketika mimpi buruk sehingga mendapatkan perlindungan-Nya.