Hubungan percintaan pada umumnya dilandaskan pada saling percaya, menghormati satu sama lain, dan yang terpenting adalah adanya benih-benih cinta diantara keduanya.

Nah, dalam hal menghormati satu sama lain, sangat penting untuk kamu atau pasanganmu meminta maaf saat melakukan kesalahan.

Dengan meminta maaf, maka persoalan dapat diselesaikan dengan sikap yang lebih dingin dan tentu saja lebih dewasa.

Namun, terdapat fakta yang menggemparkan dari riset yang dilakukan oleh Baylor University, Texas, Amerika Serikat.

Dari 450 responden yang merupakan pasangan yang telah mendirikan rumah tangga ternyata permintaan maaf hanya menempati urutan ke-6 dalam survey sebuah sikap yang diharapkan pasangan saat mempunyai masalah diantara keduanya.

IKLAN

Adanya rasa emosi yang berlebihan serta faktor salah faham dalam hubungan menjadi penyebab permintaan maaf begitu sukar dilakukan.

Padahal, maaf adalah kata yang sangat ampuh dan menunjukkan kedewasaan dalam suatu perhubungan.

Selain itu, ada 4 alasan bahawa meminta maaf dalam suatu hubungan adalah begitu penting yang perlu dipraktikkan dalam suatu hubungan.

1. Elak rasa ego berpanjangan

Jika masih terdapat rasa ego dalam diri masing-masing, itu tandanya hubungan anda masih belum sempurna. Sebuah hubungan percintaan mestinya membuat dua orang menjadi lebih baik dan membuatkan keuanya keduanya saling perhubungan antara satu sama lain. Jika masih terdapat perasaan ini, maka itu tandanya hal tersebut masih sukar dilakukan.

IKLAN

Dengan adanya rasa ego ini, keengganan meminta maaf dibimbangi akan melarat pada hal lain seperti enggan berkata rindu, sayang, serta kata-kata intim lain yang sangat penting dalam hubungan percintaan.

2. Tidak harus selalu pihak yang salah yang meminta maaf

Meminta maaf tidak harus dilakukan oleh pasangan yang berbuat salah. Anda juga boleh melakukannya dengan pasangan ketika rasa sesuatu dalam hubungan. Hal ini menunjukkan anda sudah dewasa dalam membuat keputusan.

Biasanya dalam konflik mahupun perbezaan pandangan, Hal tersebut juga boleh menimbulkan permasalahan. Segera selesaikan masalah ini dengan salah satu pasangan meminta maaf dan hubungan akan menjadi lebih hangat dan intim kembali.

IKLAN

3. Bukan pertanda lemah

Mindset yang keliru namun seringkali dipakai oleh nyaris semua orang adalah orang perempuan harus banyak mengalah pada lelaki. Termasuk dalam meminta maaf, perempuan perlu selalu yang meminta maaf kepada pasangannya. Situasi ini yang akan menjadikan hubungan serba tidak kena.

Lebih baik menyampaikan hal yang diinginkan kedua belak pihak saat ada konflik dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Tentu saja, hal yang paling baik dalam memecahkan masalah adalah dengan win-win solution.

4. Meminta maaf janganlah di bibir saja

Ada kalanya meminta maaf tapi hanya dalam hati. Ini menunjukkan bahawa anda masih merasa kesal dengan pasangan. Hal tersebut harus dielakkan. Jika anda sudah niat untuk meminta maaf dengannya, maka tunjukanlah perilaku yang tulus dan nyata atas permintaan maaf tersebut.

Jadi, ini adalah antara empat alasan mengapa meminta maaf dalam sebuah hubungan percintaan itu begitu penting. Dengan meminta maaf, maka hubungan percintaan dengan pasangan pasti akan jadi lebih baik.